Kemitraan antara

Menuju Transisi Energi
Rendah Karbon di Indonesia

Foto dan Video

icon 3 all

Perkenalan Program MENTARI

Matahari, Angin, Air dan sumber-sumber energi baru terbarukan lainnya. Bukan saja sebagai sumber kehidupan, serangkaian energi baru terbarukan bisa memenuhi pasokan listrik yang bersih dan berkualitas menjangkau hingga ke daerah-daerah terpencil.

MENTARI Renewable Energy Pilot Project in Mata Redi

Program MENTARI bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pengurangan kemiskinan di Indonesia melalui pemanfaatan energi rendah karbon. Program ini memiliki fokus khusus pada pengembangan sektor energi rendah karbon untuk mendukung masyarakat yang kurang beruntung, khususnya di Indonesia bagian timur.

Melalui Pilar Proyek Demonstrasi, Program MENTARI akan membuktikan konsep tentang bagaimana solusi energi rendah karbon skala kecil dapat menghasilkan manfaat sosial-ekonomi, terutama bagi perempuan dan kelompok termarginalkan.

Desa Mata Redi di Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dipilih sebagai lokasi pertama. Mata Redi adalah lokasi yang tepat untuk mendemonstrasikan model bisnis energi terbarukan off-grid yang berkelanjutan melalui pengembangan fasilitas energi dan peluang pertumbuhan ekonomi lokal inklusif.

Bringing Hope Through Clean Energy to Mata Redi

Program MENTARI bekerja melalui empat bidang utama. Salah satunya adalah pelaksanaan proyek energi rendah karbon untuk menunjukkan peran akses energi terbarukan dan model bisnis yang layak secara ekonomi dalam pembangunan pedesaan.

Dalam video ini, kami menunjukkan progres Proyek Demonstrasi pertama kami di desa Mata Redi, Sumba Tengah. Di Mata Redi, kami telah mengembangkan pendekatan baru untuk membangun dan mempertahankan jaringan mini untuk elektrifikasi pedesaan. Kami akan membangun pembangkit listrik tenaga surya mini-grid untuk memungkinkan penggunaan energi yang produktif dengan meningkatkan program partisipatif dan memberikan pelatihan inklusi gender dan sosial untuk memberdayakan masyarakat ini. Kami mendirikan BUM Desa (Badan Usaha Milik Desa) untuk menjamin kepemilikan oleh masyarakat setempat, mempromosikan transfer pengetahuan, menjaga keberlanjutan proyek, dan meningkatkan daya beli dan kemampuan mereka untuk membayar listrik. Kami juga mendukung perencanaan dan implementasi yang lebih baik yang akan mengarah pada mini grid yang lebih berkelanjutan di seluruh Indonesia.

MENTARI Key achievements from May 2020 to March 2023​

MENTARI promotes the uptake of low-carbon energy, supporting Indonesia’s just energy transition. The primary purpose of the programme is to act as a catalyst for accelerating Indonesia’s energy transition towards a cleaner electricity sector. This film shows the key achievements and impacts of that journey since the programme started in May 2020 to March 2023.